Boracay, Long time no Sea


Hasil survey kecil-kecilan dengan tukang kaos dan tukang Treecycle, mengenai asal usul nama Boracay, ternyata berasal dari dua Kata Bora dan Cay.Tepatnya nama duo nenek, nenek Bora dan nenek Cay, orang yang pertama datang ke pulau ini. Benar tidaknya, walahualam, Well. apapun tidak bisa dipungkiri Pulau Boracay pernah menjadi Pantai Terbaik di dunia tahun 1990 dan 1997.Dan menjadi destinasi wisata garda depan Philipina. Apa yang terjadi? berbondong-bondong wisatawan datang kebanyakan dari Korea, Jepang, China dan benua Eropa. Dan Boracay tidak lagi alami, tapi kelestarian alamnya dijaga, Disini kita tidak bisa membuang sampah dan merokok sembarangan, masyarakatnya sadar betul dan sangat peduli dengan pulau mereka. Dan baiklah anak muda, mari img_4855kita bahas satu-satu yaa.

How to get There

Kalibo International airport adalah bandara terbesar yang terdekat dengan Boracay. Penerbangan saya kemarin melalui Kuala Lumpur,KLIA 2 yang kebetulan promo ditempuh dengan waktu 4 jam. Dari Kalibo pas anda keluar jangan lupa ganti simcard telpon local, dan free.anda akan dikenakan biaya kalau anda akan mengisi kuota.saran saya kalo anda pergi lebih dari seminggu dan tidak bisa lepas dari internet isilah paket secukupnya.harga terjangkau kisaran rp 100.ooo -230,000.

Diluar bandara akan banyak tawaran kendaraan umum menuju Boracay. Mau langsung berangkat dan cepat gunakan taxi sedan dengan harga 1000 php. tawarlah paling dikasi harga 700-800 php. Kalau kalian ramai taxi pilihan terbaik karena bisa share cost.kalau menggunakan van anda di charge 200-250 php.waktu tempuh 1,5 sampai dengan 2 jam perjalanan.Sampai dipelabuhan Jetty  Caticlan, siapkan uang peso yaa,karena di philipina anda akan di charge setiap masuk pelabuhan , airpot dan sebagian tempat wisata.nah,di Pelabuhan Jetty caticlan anda akan dicharge 200 php oneway.waktu tempuh ke boracay sekitar 10-15 menit.dari pelbuhan.Sesampai di Jetty port Boracay kami naik treecycle 100 php menuju MNL Beach Hostel Boracay.450 php.

Posisi strategis ,hanya 3 menit jalan ke pantai untuk menikmati sunset.Pantai Bulabog namanya. Pasir putih, dan relatif lebih sepi dari pada Balabag white white beach beach di station 1-3.Area paling ramai di Balabag white beach.disini dibagi menjadi 3 section.dan yang paling ramai di section 2, dimana hotel, shoping area dan cafe-cafe bertebaran. Dan tentu saja harga harga menjadi berbeda dengan daerah lainnya,mahal sedikit. Transportasi di daerah wisata boracaynya sendiri gampang. Treecycle jadi andalan utama.tapi saran saya cukup jalan kaki saja,karena pada dasarnya boracay itu kecil,anak muda tidak perlu google map atau peta.

Food and Beverage

Bagi muslim agak susah mencari makanan halal disini. Pilihan paling mudah ya ke Mcd, kisaran 100-150 php. Aanda juga  bisa mencoba di cafe Kingdom, dekat-dekat hostel MNL tapi harganya lumayan mahal. Kulinernya khas india dan timur tengah. Pilihan lain anda bisa membeli ikan atau seafood di Wet market, kemudian anda bisa mengupah muslim disana disekitaran D’talipapa untuk memasaknya.namanya ibu Hamidah, tapi saya menjulukinya mak Insya Allah, karena selalu menjawab pertanyaan kita dengan kata insya Allah.

Bagi non muslim sangat mudah mencari makanan. Seafood bertebaran, Eastern Western restaurant banyak dan hampir semua rumah makan menyediakan makanan non halal. tapi ya itu..harganya lumayan mahal menurut saya,200-300 php.dan dibeberapa restauran korea dan jepang berkisar 1000 php.

Cemilan mangga sangat khas disini dan boleh dicoba, dan uniknya, untuk minuman, walaupun kita pesan es teh manis,mereka selalu memberi lemon tea, bagian ini ada cerita sialnya buat saya.nanti dibagian lain saya cerita ya boy.

wet Market

 

1